4 Jajanan Jadul yang Tengah Naik Daun

4 Jajanan Jadul yang Tengah Naik Daun

Seiring berkembangnya zaman, segala sektor mengalami perkembangan yang tidak dapat dielakkan. Salah satunya adalah perkembangan jenis makanan. Bahkan, beberapa jenis jajanan jadul menjadi viral karena kecanggihan teknologi.

Di tangan mereka yang kreatif, jajanan jadul disulap menjadi lebih menarik dengan tambahan topping atau bahan-bahan lainnya. Sehingga, perpaduan rasa yang tercipta menjadi lebih kaya dan menggugah selera.

Lalu, apa saja jajanan jadul yang tengah naik daun tersebut? Berikut adalah ulasannya!

  1. Odading Toast

Odading Toast

Siapa sih yang tidak mengenal odading? Odading merupakan jajanan tradisional Jawa Barat yang sempat viral di tahun 2020. Beragam varian pun hadir memberikan warna baru dengan kesan kekinian. Salah satu di antaranya adalah Odading Toast. Ini merupakan salah satu jajanan odading yang viral di tahun 2021.

Seperti apa rasanya? Odading toast dipopulerkan oleh salah satu gerai makanan yang berlokasi di Jakarta. Tampilannya terlhat seperti roti bakar dengan beragam varian rasa manis dan asin. Anda bisa memilih menu odading boba oreo, boba kitkat, mayonaise, egg cheese, dan mentai chicken.

  1. Rujak Bebeg

Rujak Bebeg

Jajanan jadul yang viral selanjutnya adalah rujak bebeg. Jangan berpikir bahwa rujak bebeg itu adalah bebek yang disajikan dengan bumbu rujak yaaa.. Ini jauh berbeda.

Rujak bebeg itu sama seperti rujak pada umumnya. Namun perbedaannya terletak pada cara menyiapkan bumbunya. Ya, pengolahan bumbu rujak bebeg dibuat dengan cara ditumbuk dengan alu kayu kecil. Itulah kenapa rujak bebeg ini menjadi bahan perbincangan warganet karena teknik pengolahannya.

Komposisi rujak bebeg terdiri atas jambu, mangga, mentimun, ubi muda, nanas muda, bengkoang, mengkudu, dan pisang muda. Untuk bumbunya, rujak bebeg diracik dengan cabai rawit, terasi, gula merah, garam, air asam, dan terasi.

  1. Pisang Goreng Wijen

Pisang Goreng Wijen

Ini merupakan inovasi jajanan jadul pisang goreng yang disajikan dengan tambahan wijen. Meskipun begitu, pisang goreng wijen tidak kalah nikmatnya dengan pisang goreng lainnya.

Cara membuatnya juga terbilang cukup mudah. Sediakan bahan-bahan untuk membuat pisang goreng wijen seperti pisang kepok, tepung terigu, tepung beras, tepung kanji, gula pasir, dan biji wijen. Setelah itu, Anda bisa menyiapkan adonannya dengan mencampurkan tepung terigu, kanji, dan tepung beras dengan tambahan air secukupnya.

Jika adonan sudah selesai, masukkan pisang yang sudah dibersihkan dan dipotong sebelumnya. Tambahkan air dan garam untuk memberikan cita rasa. Setelah itu, goreng pisang dalam minyak yang panas. Jika sudah ditiriskan, sajikan dalam piring dengan menaburi wijen.

  1. Roti Kukus Serikaya

Roti Kukus Serikaya

Bagi Anda pecinta kuliner serba roti, Anda bisa mencicipi jajanan jadul yang viral saat ini seperti roti kukus serikaya. Sesuai dengan namanya, roti serikaya dibuat dengan cara dikukus. Dalam penyajian, roti tersebut dibelah menjadi dua dan diisi dengan selai serikaya.

Jajanan jadul yang satu ini sangat diminati oleh berbagai kalangan. Ini karena cita rasanya yang nikmat, ditambah lagi tekstur rotinya yang lembut dengan selai serikaya yang lumer dan menggoda. Tertarik untuk mencicipinya? Anda bisa menemukan roti kukus serikaya di pedagang terdekat dengan harga yang sangat terjangkau.

 

Itulah empat jajanan jadul yang sempat viral di tahun ini. Jika Anda ingin menikmatinya, Anda dapat menghubungi platform pesan makanan online. Atau Anda juga bisa menemukannya di pedagang di sekitar Anda.