Bukan Cuma di Indonesia  Jajanan Khas Jakarta Berikut Menjadi Primadona di Mata Dunia

Bukan Cuma di Indonesia Jajanan Khas Jakarta Berikut Menjadi Primadona di Mata Dunia

Indonesia merupakan salah satu negara yang mengedepankan cita rasa unik, khususnya pada jajanan khas Jakarta. Itulah sebabnya kenapa jajanan khas Jakarta mampu bertahan di tengah arus makanan kekinian. Bahkan diantaranya sudah mampu menembus pasar dunia seperti makanan berikut ini.

  1. Bir Pletok

Bir pletok adalah salah satu minuman khas Jakarta khususnya Betawi yang terbuat dari jahe, cengkeh, kayu manis, kayu secang, serai, kapulaga, dan gula jawa. Tidak seperti bir kebanyakan, bir pletok adalah birnya orang Betawi yang sama sekali tidak mengandung alkohol atau alcohol free yang terkenal sebagai penghangat tubuh alami.

 

Asal-usul lahirnya minuman ini berawal dari kebiasaan orang-orang Belanda yang mengonsumsi bir dengan tujuan menghangatkan tubuh. Masyarakat Betawi yang menyadari hal itu mengambil inisiatif dengan memanfaatkan bahan alami untuk memperoleh jenis minuman yang sama. Kala itu masyarakat sangat berpengang teguh terhadap hukum Islam atas larangan penggunaan alkohol dalam kadar berapapun. Sehingga, penciptaan bir ini pun tanpa pemberian alkohol sedikit pun.

 

Bir pletok telah menembus pasar dunia dan menjadi primadona bagi turis mancanegara. Mereka mengakui bahwa bir pletok mampu memberikan sensasi yang berbeda ketika meminumnya.

 

  1. Gado-gado

Makanan khas Jakarta selanjutnya adalah gado-gado yang sudah terkenal seantero Indonesia. Gado-gado memiliki bahan-bahan yang terdiri dari berbagai macam sayuran segar seperti kubis, tauge, kentang, mentimun, dan lainnya. Sayuran tersebut disirami kuah kacang yang menggoda selera. Sebagai bahan pelengkap, gado-gado disajikan dengan menambahkan telur rebus dan bawang goreng.

Bukan hanya di Indonesia, kiprah jajanan khas Jakarta ini sudah diakui dunia. Bahkan, seorang koki terkenal di dunia asal Inggris, Jamie Oliver, mendaftarkan gado-gado sebagai list comfort food dalam bukunya yang berjudul “Jamie’s Comfort Food”.

  1. Kembang Tahu

Kembang tahu adalah jajanan khas Jakarta yang juga telah diakui dunia keberadaannya. Minuman yang mampu menghangatkan tubuh ini terbuat dari endapan tahu, jahe, gula aren, dan daun pandan.

  1. Kue Pancong

Meskipun kue pancong adalah jajanan asli Jakarta, namun eksistensi jajanan merakyat ini lebih terkenal di New York. Seorang pria berkebangsaan Indonesia yang tinggal di Amerika, Nigel Sielegar, menjual jajanan khas Jakarta dibawah label Moon Man.  Jajanan kue pancong yang dijualnya juga dinobatkan sebagai 100 makanan terbaik di New York pada tahun 2017. Hal tersebut dikarenakan kue pancong memberikan cita rasa yang khas dari gurihnya santan dan tambahan gula pasir untuk memperkaya rasa.

  1. Putu Mayang

Putu mayang adalah salah satu jajanan khas Jakarta yang sudah tidak asing lagi dengan tampilan khasnya yang warna-warni. Warna tersebut didapat dari pewarna alami seperti pandan dan lainnya. Putu mayang pada umumnya terbuat dari ubi merah dan disajikan dengan parutan kelapa.

 

Nah, itulah beberapa jajanan khas Jakarta yang menjadi primadona di mata dunia. Selaku warga Indonesia yang baik, selayaknya kita dapat melestarikan jajanan daerah di tengah arus kekinian agar tidak hilang di telan waktu meskipun jajanan tersebut tidak mampu menembus pasar dunia.