Rujak Kangkung

Rujak Kangkung

Kangkung adalah salah satu hidangan hijau yang sangat digemari oleh orang Indonesia. Kangkung memiliki berbagai variasi penyajiannya seperti cah kangkung, kangkung bening, tumis kangkung, dan lainnya. Namun, tidakkah kalian familiar dengan sajian rujak kangkung? Ya, panganan sehat yang satu ini sangat populer dihampir seluruh wilayah nusantara.

Rujak kangkung adalah makanan khas dari daerah Kuningan, Jawa Barat. Kenikmatan makanan ini berasal dari perpaduan sensasi rasa manis, asem, dan pedas. Selain memiliki citarasa yang khas, rujak kangkung juga dapat menyehatkan badan. Sekali mencobanya dijamin akan ketagihan dan ini merupakan salah satu makanan favorit orang Sunda. Makanan yang satu ini dapat dinikmati setiap orang karena selain cukup mudah ditemukan di Kabupaten Kuningan dan Jawa Barat, harga yang dipatok juga relatif murah.

Kandungan Gizi Dalam Rujak Kangkung

Dengan menikmati 100gr rujak kangkung, tubuh kita memperoleh pemasukan nutrisi sebagai berikut :

Energi              : 28 kkal

Protein             : 1,9 gr

Lemak             : 0,4 gr

Karbohidrat     : 5,63 gr

Serat                : 2 gr

Ampas             : 0,87 gr

Disamping itu, kangkung juga kaya akan Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, mineral asam amino, kalsium, fosfor, dan karoten. Manfaat kesehatan lain yang dapat dirasakan setelah menyantap makanan khas Jawa Barat ini adalah mengeluarkan toxin dalam tubuh, melancarkan peredaran darah dan saluran diuretik. Bagi kamu yang ingin begadang dapat mencoba mengkonsumsi rujak ini, karena rasanya yang khas dapat menghilangkan rasa kantuk.

Adonan Rujak Kangkung

Pembuatan makanan tradisional yang satu ini dinilai mudah dalam proses pembuatannya. Untuk seporsi rujak kangkung bahan utama yang kamu perlukan adalah kangkung, dengan tambahan sambal khasnya. Sambal tersebut berbahan dasar gula merah, asam, terasi, cabai merah, cabari rawit, garam, air, dan bawang merah. Kangkung tersebut direbus hingga matang dan ditiriskan, sembari membuat sambal dari bahan-bahan tersebut yang diulek. Setelah ulekan selesai tuangkan sedikit air hangat. Kangkung yang telah ditiriskan tadi disiram dengan sambalnya.

Pembeli Rujak Kangkung

Pembeli makanan tradisional yang satu ini sangat beragam karena banyak disuka oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, pekerja, hingga orang lanjut usia menyukai sajian rujak kangkung. Selain itu, penjualnya di Kabupaten Kuningan maupun di wilayah Jawa Barat mudah ditemukan seperti berjualan di teras rumah, warteg, restoran hingga mall.

Rekomendasi Penjual Rujak Kangkung

Jika kamu berkunjung ke Provinsi Jawa Barat jangan sampai ketinggalan untuk mencoba sajian rujak kangkung di tempat rekomendasi berikut ini :

  1. Rujak Kangkung Ibu Hj.Deni yang berlokasi di Jln. Ancaran, Cigadung-Kuningan, Jawa Barat
  2. Warung Rujak Kangkung yang berlokasi di Ambulu, Losari, Cirebon, Jawa Barat
  3. Rujak Kangkung Dadakan Khas Cibingbin yang berlokasi di Jln. Kandang Perahu No.8, Karyamulya, Kesambi, Cirebon, Jawa Barat
  4. Kuliner Rujak Kangkung dan Tutut yang berlokasi di Jln. RE Martadinata No.111, Ciporang, Kuningan, Jawa Barat
  5. Geksor Rujak Kangkung yang berlokasi di Jln. Ahmad Yani No.34, Majalengka, Jawa Barat.