Soto Betawi

Soto Betawi

Siapa yang tidak kenal dengan soto betawi, makanan yang telah mendunia ini tidak hanya terkenal di Ibukota dan Indonesia saja. Kalian juga dapat menemukan makanan khas ibukota ini di negara lain. Memiliki rasa yang gurih ditambah dengan kuah santan membuat Sota Betawi banyak digemari masyarakat. Isi soto yang beraneka macam sayuran dan daging ini menambah kenikmatan yang hakiki. Semua kalangan dari anak kecil, remaja, hingga orang dewasa menyukai cita rasa dari soto ini. Pelanggan soto betawi sendiri tidak hanya warga Jakarta, masyarakat daerah lain pun menggemari soto ini. Tidak heran warung-warung Soto Betawi di daerah Jakarta maupun kota lain banyak digandrungi pelanggan.

Asal Mula Soto Betawi

Soto yang berasal dari Kota Jakarta adalah warisan kuliner khas dari leluhur yang wajib dijaga keberadaannya. Dahulu Betawi adalah cikal bakal DKI Jakarta. Banyaknya pedagang yang melakukan transaksi melewati kota ini menyebabkan percampuran kebudayaan, termasuk dengan warisan kulinernya. Sejak tahun 1977 soto betawi sudah mulai dikenal masyarakat umum. Lie Boen Po adalah orang yang pertama kali mempopulerkan soto ini dan merupakan pedagang soto betawi pertama di ibukota. Namun, soto betawi menjadi populer seantero ibukota sejak tahun 1991. Soto Betawi kini telah sebagai makanan tradisional khas yang rasanya tiada dua.

Kandungan Gizi Soto Betawi

Berdasarkan penelitian laboratorium dalam semangkuk soto betawi yang kamu nikmati memiliki kandungan gizi sebagai berikut :

  • Energi              : 135 kkal
  • Protein             : 2,5 gr
  • Lemak             : 8,8 gr
  • Karbohidrat     : 11,5 gr
  • Kalsium           : 222 mg
  • Fosfor              : 72 mg
  • Zat Besi           : 1,9 mg
  • Vitamin A       :21 IU
  • Vitamin B1     : 0,04 mg

Bahan-Bahan Soto Betawi

Soto Betawi dianggap beda dengan soto lainnya karena dengan kuah susu dan santan membuat rasanya semakin gurih dan enak. Pelanggan dapat memilih isinya sendiri, dapat memasukkan daging ayam, daging sapi, torpedo, jeroan dan lainnya sesuai selera. Dalam seporsi soto ini biasanya disajikan dengan tambahan irisan tomat, irisan daun bawang, bawang goreng, dan daun seledri. Selain itu masyarakat sering menikmati hidangan soto betawi dengan sepiring nasi, acar, sambal, jeruk nipis, emping, dan minyak samin.

Rekomendasi Warung Soto Betawi di Jakarta

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Jakarta atau tinggal di daerah ibukota wajib mampir ke tempat-tempat penjual soto betawi legendaris berikut ini :

  1. Soto Betawi Afung
  2. Soto Betawi H. Ma’ruf
  3. Soto Betawi H. Mamat
  4. Soto Betawi Sambung Nikmat
  5. Soto Betawi Babe Jamsari
  6. Soto Betawi Mpok Rodemah
  7. Soto Betawi Bang Sawit

Begitulah uraian mengenai bagaimana nikmatnya soto betawi, bahan-bahannya, kandungan gizi, hingga tempat rekomendasi membeli soto. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi dalam berwisata kuliner.