Bandros

Bandros

Jajanan klasik dari tanah Sunda ini merupakan makanan tradisional yang sanggup bertahan sampai sekarang. Jajanan tradisional ini dapat dengan mudah kamu temukan di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Berbeda dengan tempat-tempat lain di nusantara yang penjualnya semakin sedikit. Namun, banyak masyarakat yang masih menggemari jajanan pasar ini.

Cita rasa yang gurih dan manis dari setiap gigitan bandros akan membuat kamu tidak mampu untuk menolaknya. Tekstur bandros sendiri renyah karena merupakan adonan tepung beras dan kelapa parut. Kue bandros ini biasanya disantap saat hangat bersama dengan secangkir kopi atau teh.

Kandungan Gizi Dalam Bandros

Untuk kamu yang menyantap sepotong kue bandros ini, kamu memperoleh nutrisi sebagai berikut:

Kalori              : 117 kkal

Lemak             : 4,96 gr

Protein             : 2,75 gr

Karbohidrat     : 15,73 gr

Sodium            : 44 mg

Kalium            : 62 mg

Selain itu, manfaat kue bandros bagi kesehatan adalah melancarkan pencernaan, menambah nutrisi dan energi, dapat dimakan sebagai pengganti nasi, dan bandros rendah lemak.

Jenis Bandros

Jajanan pasar ini terbagi kedalam dua citarasa yakni bandros manis dan bandros asin. Bandros manis tersebut diatasnya ditaburi oleh gula pasir atau dilumuri gula merah yang dicairkan. Sedangkan bandros asin diatasnya ditaburi potongan oncom. Namun, saat ini bandros tidak terbatas pada dua macam citarasa itu saja. Para penjual telah berinovasi dengan menaburkan keju, lelehan coklat cair, mozarela, susu, dan varian rasa lainnya.

Adonan Bandros

Tidak sulit untuk membuat bandros, kamu perlu menyiapkan tepung beras, santan, kelapa parut kasar, telur, daun pandan, gula, dan garam. Untuk membuat adonannya yakni merebus tepung beras, santan, daun pandan, dan garam secara bersamaan. Setelah matang lalu dicampurkan dengan kelapa parut kasar. Kemudian adonan yang telah jadi dimasukkan kedalam cetakan.Tunggu sampai matang dan bandros siap untuk disajikan. Jangan lupa taburkan gula diatasnya untuk menimbulkan citarasa manis.

Pembeli Bandros

Pembeli jajanan khas kota pasundan ini pun beragam. Mulai dari anak-anak, pelajar dan mahasiswa, pekerja, hingga orang lanjut usia menyukai kue tradisional ini. Harganya yang terjangkau membuat bandros semakin memiliki banyak pelanggan. Penjual bandros dapat ditemukan pada kantin sekolah, dipasar tradisional, pedagang kaki lima, hingga restoran.

Rekomendasi Bandros

Jika kamu berkunjung ke Kota Bandung, tidak afdol rasanya jika tidak mencicipi bandros di tempat-tempat berikut ini:

  1. Bandros Hebab yang berlokasi di Jln. Jepati No.1, Sadang Serang, Bandung
  2. Bandros Cowboy yang berlokasi di Jln. Cisangkuy, Bandung
  3. Kue Balok Kang Didin yang berlokasi di Jln. Abdurrahman Saleh No.52, Bandung
  4. Kue Balok Warkop Kang Ade yang berlokasi di Jln. Garuda No.107, Dungus Cariang, Bandung
  5. Bandros Gang Harapan yang berlokasi di Jln. A.Yani