Batagor - kuliner khas Indonesia yang berasal dari Bandung

Batagor - kuliner khas Indonesia yang berasal dari Bandung

Batagor merupakan kuliner khas Indonesia yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Makanan yang lahir dari kota kembang ini sudah merajai berbagai tempat. Tidak hanya di daerah Bandung dan Pulau Jawa, bahkan hingga seantero tempat di Indonesia selalu ditemukan penjual batagor. Terlebih lagi jika anda mengunjungi Kota Bandung sangat mudah menemukan batagor karena ada hampir ditiap sudut keramaian seperti pasar dan kompleks perkantoran. Banyak nama-nama batagor yang dibuat sedemikian rupa untuk menarik perhatian konsumen seperti Batagor Goyang Lidah, Batagor Mercon, dll. Berikut adalah nama batagor yang terkenal di Kota Bandung, yaitu Batagor Kingsley, Batagor H.Darto, Batagor Serayu, Batagor Abuy, dan Batagor Riri.

 

 

11.jpg

 

 

 

 

 

 

Asal Mula Batagor

Jajanan yang satu ini diceritakan lahir karena ketidaksengajaan. Seorang pelopor batagor yang berasal dari Bandung sejak tahun 1970an mulai berjualan. Isan, pemuda asal kota kembang ini awalnya seorang penjual bakso dan tahu keliling di daerah Jalan Kopo. Suatu hari makanan jajakannya kurang laku, hingga ia memikirkan inovasi baru apa yang dapat dibuat agar makanan jualannya laku terjual. Hingga saat dia mencoba membuat bakso tahu goreng yang kemudian dibagikan kepada tetangga, ternyata cita rasa yang enak sangat disukai masyarakat sekitar. Antusiasme masyarakat inilah yang mendorong Isan untuk menjual bakso tahu tersebut. Seiring berjalan waktu Isan mengembangkan bakso tahu goreng tersebut dengan adonan ikan, tepung tapioka, dan bumbu kacang-kacangan. Akhirnya masyarakat Kota Bandung menyebut makanan itu batagor

Kandungan Gizi Dalam Batagor

Satu porsi batagor mengandung gizi :

  • Energi : 327 kalori
  • Protein : 16,1 gram
  • Lemak : 17,0 gram
  • Karbohidrat : 29,3 gram
  • Kolesterol : 75,9 gram

Adonan Batagor

Jajanan ini merupakan perpaduan sempurna dari bakso, tahu goreng, dan tepung terigu atau tapioka. Bahan utama olahan batagor adalah tepung tapioka, adonan ikan tenggiri, dan tahu yang kemudian digoreng. Selain itu, untuk menambah kenikmatan kuliner ini dapat dicampur dengan adonan daging udang, daging ikan, dan daging ayam. Batagor biasanya dinikmati bersama dengan es teh atau es jeruk. Bahan pelengkap lainnya yang disajikan bersama adalah siraman bumbu kacang, kecap manis, saos sambal dan tomat. Untuk menambah rasa gurih dapat teteskan air perasan jeruk nipis, jeruk limau, atau air cuka. Rasa ikan tenggiri yang menjadi pedas, gurih, manis, dan asam karena dicampur dengan bahan lain membuat sepotong Batagor kaya akan cita rasa.

Pembeli Batagor

Penggemarnya dari berbagai kalangan, dari anak kecil hingga orang tua pun menyukai cita rasa batagor. Harganya yang sangat merakyat membuat batagor ini menjadi pilihan untuk mengemil. Saat ini penjual batagor tidak hanya berjualan dengan gerobak kaki lima atau warung pinggir jalan. Jajanan ternikmat ini banyak tersedia di tempat nongkrong remaja, cafe, restauran, bahkan di hotel berbintang.

Tapi jika ingin mencari pedagang keliling dan kaki lima yang berjualan batagor anda dapat mencarinya menggunakan aplikasi Mamang . berikut beberapa pedagang batagor yang bisa anda temui :

batagor sdn babakansari
batagor ikan pa risman
Batagor bogarasa
Batagor Ikan Ceker & Kwetio Bu Tasmini
Batagor & Mie Kocok Abah
Batagor Kering & Baso Tahu
Batagor Bandung
Batagor Kuah & Kering Ceker
Batagor Kuah Kering
Batagor Ikan Pa Yadi
Batagor Ikan
Batagor Mang Eeng
Batagor Kircon
Batagor Kering Pa Juhaedin
Batagor Pak Ondi
Batagor Wan Jabar
Batagor Kuah Kering Slamet
Batagor Special Abah
Batagor KPK
Batagor Ikan Pa Maman
Batagor Putra Galunggung
Batagor Pak Jajang
Martabak Telor & Batagor
Batagor Pak Amir
Batagor Kuker
Batagor Kuah & Kering
Batagor Kuah & Kering Pak Nanang
Batagor Ikan Mas Heri
Batagor Kuah & Kering
Batagor Ikan
Batagor Kang Herman
Batagor Ikan
Batagor Pak Nadi
Batagor Kuah Kering
Batagor Kering Kuah
Batagor
Batagor Lucky
Batagor Sari Rasa
Batagor Asoy
Batagor Spesial Kuah Kering