Combro

Combro

Combro merupakan jajanan tradisional khas dari Provinsi Jawa Barat tepatnya di Kota Bandung. Jajanan ini telah dikenal oleh masyarakat luas dan memiliki banyak pelanggan. Combro adalah singkatan dari oncom yang dijero dalam bahasa Sunda. Cita rasa cemilan tersebut ialah gurih dan dengan keasinan yang pas. Sementara itu tekstur jajanan ini sendiri yakni bulat dan dicampur dengan adonan singkong yang berisi sambal oncom.

Makanan ini sangat digemari masyarakat di Pulau Jawa terutama yang berdomisili di Bumi Pasundan tersebut. Combro sendiri sangat cocok untuk karakter lidah orang Indonesia. Selain memiliki gizi tinggi, sehat, dan merogoh kocek sedikit untuk dapat menikmatinya. Satu porsi combro dapat kamu beli dengan harga kisaran Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000.

Kandungan Gizi Dalam Combro

Dengan menikmati 50 gr combro, kamu mendapatkan kandungan gizi sebagai berikut :

Energi              : 105 kkal

Protein             : 0,8 gr

Lemak             : 3,3 gr

Karbohidrat     : 17,9 gr

Kalsium           : 3,21 mg

Zat Besi           : 1,21 mg

Selain itu, manfaat yang didapatkan dengan mengkonsumsi combro bagi kesehatan ialah merupakan sumber karbohidrat dan kalori, santapan rendah lemak, bebas dari glutein, serta mengandung mineral dan vitamin B kompleks.

Adonan Combro

Untuk membuat cemilan tradisional tersebut, bahan dasar yang kamu perlukan adalah ubi kayu yang telah diparut dan garam. Isi combro sendiri berupa oncom yang telah dihaluskan dan ditambahkan irisan daun seledri. Kini, combro telah diinovasi oleh masyarakat agar tidak punah penjualnya. Ada isi combro yang ditambahkan dengan mozarela, keju, perasa makanan seperti bumbu barbeque, dan daging ayam atau sapi. Sehingga penggemar dari jajanan tradisional ini semakin meningkat.

Pembeli Combro

Cita rasa jajanan yang lezat, mudah untuk menemukan penjualnya di pasar tradisional, dan harga yang murah membuat combro digemari banyak kalangan. Pelanggannya mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pekerja, hingga ibu rumah tangga menggemarinya. Disamping itu, jajanan tradisional ini mudah didapat dan dapat dibeli secara online. Combro saat ini sudah merajalela dipasaran modern seperti mall, supermarket, dan toko-toko kue.

Rekomendasi Penjual Combro

Meskipun jajanan tradisional ini dapat kamu beli dimana saja. Namun, jika mengunjungi Kota Bandung tidak afdol rasanya jika tidak mampir ke tempat penjual combro yang recomended sebagai berikut :

  1. Gorengan Ma’lying di Lodaya, Bandung
  2. Gorengan Cendana yang berlokasi di Jln. Bengawan, dan Jln Cendana, Kota Bandung
  3. Gorengan Simanalagi yang berlokasi di Jln. Dalem Kaum No.6, Bandung yang telah berdiri sejak tahun 1948
  4. Combro Gang Aut yang berlokasi di Jln. Surya Kencana
  5. Pisang Goreng Caroline yang berlokasi di Jln. Hasanudin No.12, Lebak Gede, Kota Bandung