Donat Jajanan Fenomenal yang Terkenal

Donat Jajanan Fenomenal yang Terkenal

Donat adalah panganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, air, mentega, dan ragi yang pembuatannya melalui tahap pengulenan, fermentasi (pengembangan), dan proses penggorengan. Donat yang paling umum adalah berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, custard.

Ada sejarah menarik di balik terciptanya kue donat. Tidak ada yang tidak mengenali kue donat. Makanan ini sangat populer di dunia. Bahkan, banyak gerai - gerai penjual donat yang sukses merajai peluang bisnis kuliner dengan bermodalkan si kue bolong yang satu ini. Nama “donat” pun hingga saat ini masih sering diperbincangkan asal usulnya. Ada yang berpendapat bahwa kata “doughnut” berasal dari kata “nut” yang berarti kacang, yang dulu dijadikan bahan isian dalam kue olykoeks untuk mencegah ketidakmatangan bagian tengah kue. Istilah “doughnut” pertama kali digunakan pada buku bertajuk “A History of New York” pada tahun 1809.

Hingga saat ini, banyak spekulasi yang berkembang seputar sejarah donat. Negara mana yang pertama kali mempopulerkan konsep roti goreng dengan bagian tengah yang bolong tersebut, masih belum diketahui secara pasti. Namun, sejarah mencatat bahwa asal usul seputar cara membuat donat modern yang sekarang sering kita konsumsi berawal dari kreasi masyarakat Belanda yang gemar membuat kue minyak pada pertengahan abad ke-19. Kue minyak khas Belanda tersebut dikenal dengan sebutan “olykoeks”. Kue tersebut berbentuk bulat dan biasanya digoreng dengan lemak binatang hingga berwarna kuning keemasan. Karena bagian tengah kue sulit matang, biasanya ditambahkan bahan isian berupa buah atau kacang yang tak membutuhkan waktu memasak yang lama. Lalu, sebagian imigran Belanda yang tinggal menetap di Amerika Serikat masih terus membuat olykoeks yang kemudian komposisi dan citrarasanya dipengaruhi oleh budaya Amerika. Ada dua cerita populer yang melatarbelakangi sejarah mengapa terdapat lubang pada bagian tengah kue donat.

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan donat adalah tepung terigu, air, ragi, dan garam. Tepung terigu mengandung dua macam protein yang memegang peranan penting dalam pembuatan donat, yaitu protein gluten yang berfungsi menentukan struktur produk adonan donat dan protein glutenin memberikan elastisitas pada gluten di adonan donat. Kandungan pada tepung terigu terdapat kadar air, protein, hidrat, dan lemak yang berguna untuk tubuh kita dan mengenyangkan seperti makan nasi.

Dahulu donat sebagai makanan sederhana dan di produksi industri kecil biasanya dijajakan berkeliling menggunakan sepeda atau sepeda motor. Di dalam bus, pedagang asongan menjual donat kemasan kotak dengan cara unik dan donat ini sering disebut donat kampung untuk membedakannya dengan donat – donat sekarang yang lebih bervarian rasa yang di jual mal dan restoran dengan harga yang lebih mahal dari donat biasa.
 

Beberapa pedagang donat keliling yang bisa anda temukan di Bandung diantaranya: 
Donat Susu Pak Syarif
Donat Dy&Dy


Untuk dapat dengan mudah mencari pedagang sekitar anda yang menjual donat, anda dapat menggunakan aplikasi Mamang