Fakta Unik Kue Cubit, Jajanan Populer yang Menjadi Favorit Saat Ini

Fakta Unik Kue Cubit, Jajanan Populer yang Menjadi Favorit Saat Ini

Kue cubit merupakan sallah satu jajanan kekinian yang menjadi favorit di Bandung. Namun, tahukah Anda mengenai asal-usul kue cubit yang sebenarnya?

Yuk simak ulasan berikut ini mengenai fakta unik kue cubit, jajanan populer yang menjadi favorit saat ini.

  1. Kue Cubit Tampil dengan Bentuk yang Imut dan Unik

Kue cubit merupakan kue yang memiliki ukuran kecil sekitar 4 cm yang biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lima dan lainnya. Namun, seiring perkembangan zaman, saat ini kue cubit sudah menjadi menu andalan di kafe-kafe dan restauran dengan berbagai macam inovasi yang tentunya menambah nilai jual kue ini.

  1. Asal-usul Kue Cubit yang Masih Dipertanyakan

Asal-usul kue cubit masih dipertanyakan hingga saat ini mengingat banyaknya kota yang menjadikan kue cubit sebagai ikonnya. Beberapa kota tersebut diantaranya adalah Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, Bandung, dan lainnya. Namun, kepopuleran kue cubit sudah tidak perlu diragukan lagi eksistensinya di Jakarta.

  1. Tersimpan Cerita Dibalik Nama Kue Cubit

Nama kue cubit sendiri berasal dari cara pembuatan kue cubit yaitu dengan cara “dicubit” menggunakan penjepit apabila kue tersebut telah matang. Sejarah juga menyatakan bahwa kue cubit merupakan kue yang berasal dari Belanda. Wajar saja bila kue cubit menjadi makanan yang diwariskan Belanda mengingat mereka pernah menjajah Indonesia selama beratus tahun lamanya. Di zaman Belanda, kue cubit disebut dengan nama poffertjes.

  1. Inovasi Tiada Henti yang Membuat Kue Cubit Selalu Eksis dan Menjadi Favorit

Semakin berkembangnya zaman akan semakin membawa perkembangan terhadap inovasi-inovasi dan ide kreatif penciptaan makanan termasuk pada kue cubit itu sendiri. Tidak heran mengapa kue cubit menjadi kue favorit masyarakat Bandung, Jakarta dan kota kota lainnya. Selain memberikan cita rasa yang khas dan lezat, kue cubit juga menghadirkan berbagai macam varian seperti kue cubit green tea, kue cubit taro, kue cubit red velvet, dan kue cubit bubble gum.

Kue cubit green tea merupakaan salah satu varian kue cubit yang sudah dikenal pada tahun 2016 dengan menjadikan green tea sebagai bahan pewarna yang mampu menimbulkan aroma khas menenangkan. Kue cubit taro didapat dari ubi seperti ubi jalar ungu maupun merah. Rasa yang ditawarkan juga terbilang unik dan menarik, serta warna yang dihasilkan juga sangat menggugah selera. Sedangkan kue cubit red velvet akan memberikan kesan yang lembut dengan cita rasa yang tidak terlalu manis sehingga sangat cocok dipadukan bersama topping oreo atau bubble gum.

 

Nah, itulah beberapa fakta unik mengenai kue cubit yang ternyata adalah  makanan paling laris di Jakarta yang hadir di berbagai daerah seperti Bandung, Medan, dan lainnya.

Jika anda sedang berkunjung ke Bandung, berikut pedagang kaki lima yang menjual kue cubit yang bisa anda temukan :


Kue Cubit Greentea
Kue Cubit
Kue Cubit Ngacay si Madu
Kue Cubit Pak Maman
Kue Cubit & Kue Ape
Kue Cubit
Kue Cubit  

 

image source : Njajan.com