Jajajan Bandung Super Murah yang Dapat Dijumpai di Mana Saja

Jajajan Bandung Super Murah yang Dapat Dijumpai di Mana Saja

Bandung adalah kota wisata sekaligus kota kuliner yang paling wow di Indonesia. Mengapa tidak? Tentu saja inovasi tiada henti yang membuatnya menjadi surga kuliner yang menyajikan beragam makanan, mulai dari yang paling mahal hingga yang paling murah sekalipun. Tidak perlu khawatir soal rasa, sudah pasti Bandung adalah rajanya rasa. Jika jajanan termahal sudah biasa disajikan, lalu bagaimana dengan jajanan murah yang dijajakan di kota Bandung? Apa saja makanan tersebut? Yuk simak ulasan berikut ini.

  1. Aneka Olahan Aci

Aci atau tepung tapioka merupakan jenis tepung yang pada umumnya menjadi bahan dasar pembuatan beberapa makanan khas Bandung. Aneka olahan aci tersebut dapat dijumpai dari beragam jajanan murah yang ditawarkan oleh para pedagang kaki lima  yang ada di Bandung seperti cilok, cimol, cireng, cilor, dan lainnya. Meskipun harganya murah, jajanan tersebut selalu menjadi jajanan primadona bagi masyarakat Bandung khususnya.

  1. Batagor

Batagor atau bakso tahu goreng merupakan jajanan khas Bandung yang tidak pernah ada matinya hingga saat ini. Ciri khas yang terdapat pada batagor ini adalah tambahan bahan berupa ikan tengggiri yang mampu memperkaya rasa batagor.

  1. Cuanki

Jajanan murah khas Bandung selanjutnya adalah bakso Cuanki yang pada umumnya dijajakan oleh para pedagang kaki lima dengan berjalan kaki. Jajanan yang diklaim sebagai bakso khas Bandung ini ternyata memiliki nama yang berasal dari sebuah akronim yaitu “cari uang jalan kaki”.

  1. Es Doger

Siapa sangka, es doger ternyata nama sebuah jajanan khas Bandung yang merupakan sebuah akronim dari “es dorong gerobak”. Es doger sendiri terdiri dari es puter, susu kental manis, sirup, tapai ketan, roti, dan tapai singkong.

  1. Kue Cubit

Si imut super manis ini merupakan jajanan murah khas Bandung yang sudah terkenal enak. Penyajian kue cubit terbilang sangat unik yaitu dengan cara mencubit bagian kue tersebut ketika telah matang.

  1. Siomay

Jika batagor disajikan dengan cara dikukus terlebih dahulu baru digoreng, berbeda halnya dengan siomay yang dimasak dengan cara dikukus saja. Penyajian siomay terdiri dari berbagai jenis makanan pelengkap seperti telur, kentang, kubis, tahu, dan pare.

  1. Seblak

Bagi Anda pecinta jajanan murah Bandung, pasti sudah tidak asing lagi dengan keberadaan seblak. Ya, seblak merupakan makanan khas Bandung yang saat ini sedang menjadi salah satu makanan kekinian dengan beragam topping. Ranya yang enak dengan sensasi pedas membuatnya semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat.

  1. Tahu bulat

Jika pada umumnya tahu memiliki bentuk menyerupai kubus, berbeda halnya dengan jajanan murah tahu bulat yang disajikan dalam bentuk yang bulat. Beberapa pedagang tahu bulat beroperasi dengan menggunakan mobil pick updan menggunakan pengeras suara sebagai metode pemasarannya.

Nah, itulah beragam jajanan murah khas Bandung yang mudah ditemukan di mana saja hingga di luar kota Bandung. Manakah yang menjadi jajanan favorit Anda?

Untuk mengetahui pedagang kaki lima atau pedagang keliling yang menjual jajanan tersebut, cek mamang.id