Karedok

Karedok

Karedok adalah makanan asli sunda ini telah merajalela di Pulau Jawa. Karedok berasal dari Bumi Pasundan, Jawa Barat. Bentuk karedok dapat dikatakan mirip dengan rujak lotek. Untuk membuat seporsi karedok kamu dapat  memanfaatkan bahan-bahan sekitar. Oleh karena itu kuliner khas yang satu ini sering disebut makanan merakyat sebab mencerminkan kedekatan lingkungan dengan manusia.

Berdasarkan cerita turun temurun dari masyarakat Bandung nama ‘Karedok’ berasal dari nama sebuah desa yang berada di seberang Sungai Cimanuk. Konon Desa Karedok tersebut terletak di Kecamatan Jati Gede, Kabupaten Sumedang.

Jenis-Jenis Karedok

Kuliner khas yang satu ini ternyata memiliki beberapa varian yang menjadi primadona di Kota Bandung, diantaranya :

  1. Karedok Leunca

Sesuai dengan namanya, bahan dasar karedok ini adalah leunca muda. Kemudian dibumbui dengan adonan garam, gula, kencur, terasi, dan bawang putih.

  1. Karedok Sayur

Untuk menu karedok sayur sendiri kebanyakan merupakan campuran dari sayuran matang atau sayuran mentah.

  1. Karedok Kacang

Isi karedok ini adalah kacang panjang yang telah dipotong-potong. Setelah itu disiram dengan bumbu campuran asam, garam, gula merah, kencur, terasi, cabai, dan oncom.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman karedok tersebut oleh masyarakat telah diinovasikan dari berbagai macam sayuran.

Bahan-bahan Umum Karedok

Dengan bahan-bahan sayuran mentah kamu dapat membuat karedok yang nikmat. Bahan yang harus dipersiapkan yaitu kol, kacang panjang, touge, mentimun, terong, dan kemangi. Setelah sayuran dicampurkan, untuk menambah rasa lezat dan gurih maka disiram dengan saus bumbu kacang. Ternyata bukan hanya adonan bumbu kacang saja, tetapi didalamnya adalah campuran kacang tanah, bawang putih, kencur, cabai merah, air asam, air garam, gula jawa, terasi, dan garam serta jangan lupa menambah emping diatasnya. Karedok biasanya dijadikan sebagai cemilan masyarakat sehari-hari disaat berkumpul bersama keluarga dan teman. Jenis-jenis karedok tersebut yakni karedok biasa (campuran sayuran), karedok leunca, karedok kacang panjang.

Makanan khas yang mengandung banyak sayuran ini dinilai sebagai makanan sehat. Misalnya taoge yang ada dalam Karedok memiliki manfaat membantu menghambat proses penuan dini,  meningkatkan kesuburan bagi wanita, memperhalus kulit, mengurangi kadar kolesterol dalam darah, teruji baik untuk lambung, dan mencegah terjadinya kanker.

Kandungan Gizi Dalam Karedok

Dalam penyajian satu porsi jajanan khas ini ternyata mengandung :

  • Energi              : 92 kkl
  • Protein             : 2,2 gr
  • Karbohidrat     : 14,1 gr
  • Lemak             : 3,3 gr
  • Kalsium           : 174 mg
  • Fosfor              : 85 mg
  • Zat Besi           : 2,4 mg

Rekomendasi Warung Karedok

Bagi kalian yang memiliki destinasi wisata ke Bandung atau tinggal di sekitar sana, berikut ini rekomendasi warung karedok di yang sayang untuk dilewatkan :

  1. Karedok Setan
  2. Lotek Karedok Katamso
  3. Lotek Kemuning
  4. Warung Lotek
  5. Sidang Reret Restoran
  6. Kantin Ma’utie
  7. Sari Rasa
  8. Dapur Sangkuriang
  9. Makanan Rindu Kampung
  10. Rujak Ulek Karedok
  11. Barsol 69
  12. Warung Nasi Ibu Imas