Mengupas Fakta Unik Ketoprak, Jajanan Legendaris Khas Jakarta

Mengupas Fakta Unik Ketoprak, Jajanan Legendaris Khas Jakarta

Jika Anda berdomisili atau seorang pendatang di Jakarta, pasti sudah bertemu dengan yang namanya ketoprak. Ya, ketoprak adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang hadir sebagai menu sarapan pagi atau menjadi pilihan menu jajanan di warung, kafe, hingga kaki lima.

Tapi, tahukah Anda mengenai seluk beluk ketoprak? Jangan hanya menikmatinya saja, Anda juga mesti mengetahui beberapa fakta unik di balik jajanan legendaris Jakarta yang satu ini, seperti:

  1. Asal-usul Ketoprak yang Masih Menjadi Bahan Perdebatan

Asal-usul ketoprak hingga saat ini masih menjadi perdebatan. Betapa tidak, ada yang menyatakan bahwa ketoprak merupakan jajanan khas Jawa Tengah dan ada juga yang menyatakan berasal dari Cirebon. Lalu, mengapa ketoprak menjadi ikon kota Jakarta?  Untuk menjawab pertanyaan ini, secara logika menyatakan bahwa kota Jakarta adalah kota yang notabennya dihuni oleh para pendatang dimana mereka berdagang menjajakan ketoprak tersebut. Itulah sebabnya mengapa ketoprak diidentikkan dengan kota Jakarta.

Namun, ada juga yang menyatakan bahwa ketoprak berasal dari suara piring yang terjatuh ketika proses pembuatan ketoprak dan ada juga yang mengatakan bahwa ketoprak merupakan singkatan dari ketupat tauge digeprak. Apapun asal-usulnya, sebagai warga negara yang baik, selayaknya mampu menjaga dan melestarikan jajanan khas daerah.

  1. Tersimpan Cerita Unik Dibalik Nama “Ketoprak”

Nama ketoprak diyakini juga berasal dari suara piring yang terjatuh ketika proses pembuatan ketoprak. Awalnya, ketoprak lahir ketika seseorang ingin makan, namun hanya memiliki bahan seadanya seperti ketupat dan tauge. Lalu, Ia berinisiatif untuk menyajikan ketupat dan tauge tersebut dengan kacang yang digiling dan dijadikan kuah dengan penambahan air. Seketika piring terjatuh, lalu terdengar bunyi “ketuprang”. Hingga kini, asal kata tersebut diyakini sebagai salah satu asal usul dari nama ketoprak.

  1. Ketoprak Terbuat dari Berbagai Macam Bahan Makanan

Pada awalnya, ketoprak hanya memiliki bahan dasar ketupat dan tauge yang disirami oleh kuah kacang. Namun kini, ketoprak memilki bahan tambahan seperti kol dan bihun. Untuk mempercantik sajian ketoprak, biasanya penjual menambahkan bawang goreng dan kerupuk emping.

  1. Jajanan Merakyat yang Sangat Mudah Dijumpai di Segala Penjuru Jakarta

Dikarenakan rasa yang enak dan harga terjangkau, jajanan ketoprak selalu diburu dan menjadi makanan pilihan untuk pengganjal lapar. Sehingga, terdapat beberapa rekomendasi penjual ketoprak enak yang mudah ditemui, diantaranya:

    • Ketoprak Ciragil yang berlokasi di jalan Ciragil II,  Jakarta Selatan.
    • Ketoprak Mitro yang berlokasi di jalan Mandala Raya no. 5, Jakarta Barat.
    • Ketoprak Purwa Bharata berlokasi di jalan Kalilio no. 15, Jakarta Pusat.
    • Ketoprak Blok 1 Muara Karang yang berlokasi di jalan Pluit Karang Molek, Jakarta Utara.
    • Ketoprak Siang Malam berlokasi di jalan Cipinang Raya, Jakarta Timur.

 

Nah, itulah beberapa fakta unik ketoprak yang merupakan jajanan legendaris Jakarta. Jajanan tersebut juga dapat ditemukan dengan mudah di seluruh penjuru kota Jakarta.