Mochi Khas Bandung Juga Menjadi Makanan Kekinian dengan Sejuta Inovasi

Mochi Khas Bandung Juga Menjadi Makanan Kekinian dengan Sejuta Inovasi

Sebenarnya, mochi adalah salah satu makanan tradisional Jepang yang biasanya disajikan dalam perayaan tradisional Jepang seperti mochitsuki. Namun, makanan yang terbuat dari beras ketan ini juga menjadi salah satu makanan khas Jawa Barat dengan isian kacang di dalamnya. Seiring perkembangan usaha dan semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis kuliner, mau tidak mau mengharuskan para pelaku usaha untuk terus bergiat menciptakan berbagai inovasi mochi. Beberapa inovasi tersebut meliputi:

  1. Mochi Taro

Jajanan tradisional khas Bandung ini terus melakukan inovasi sehingga membuatnya tak pernah hilang ditelan oleh zaman. Jika pada umumnya mochi memiliki warna putih, berbeda halnya dengan mochi taro atau mochi purple sweet potato yang notabennya bewarna ungu. Mochi taro ini sebelumnya pernah diperkenalkan di Thailand yang terbuat dari campuran tepung ketan yang menjadi bahan dasar mochi bersama ubi ungu. Untuk isiannya, Anda pun dapat memilih sendiri varian apa yang tepat untuk mochi taro tersebut.

  1. Crème Brulee Mochi

Pernahkah Anda mendengar kata “crème brulee”? Mungkin kata tersebut masih terdengar asing bagi mmasyarakat Indonesia. Namun, inovasi mochi terbaru saat ini menggunakan crème brulee yang merupakan makanan khas Prancis dimana crème brulee tersebut adalah jenis krim yang digongseng.

  1. Mochi Satay

Jika pada umumnya sate terbuat dari buah ataupun daging, namun kini Anda dapat menemui varian terbaru mochi yang disusun pada stik lidi menyerupai sate. Soal rasa, mochi sate dapat distel sendiri sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

  1. Chocolate Mochi Snack Cake

Jika pada umumnya mochi dibuat dengan desain bulat yang khas, berbeda halnya dengan chocolate mochi snack cake. Varian mochi yang satu ini dibuat dengan ukuran memanjang, namun tetap mempertahankan ciri khas mochi yang kenyal dengan rasa cokelat yang sangat kuat.

  1. Mochi Buah Segar

Bagi Anda yang tengah melakukan diet atau bosan sama makanan yang itu-itu saja, Anda dapat mencoba varian terbaru mochi yaitu mochi buah segar. Jenis mochi yang satu ini menggunakan buah segar pada isiannya. Sehingga, ketika Anda memakan mochi ini, Anda akan merasakan daging buah yang juicy dengan aroma buah yang menyegarkan.

  1. Mochi Ice Cream Tiramisu

Mochi Ice cream tiramisu adalah salah satu varian mochi ice cream yang menawarkan cita rasa kopi yang menggoda. Ketika menikmati mochi jenis ini, Anda akan disuguhkan perpaduan makanan khas daerah dan mancanegara dalam satu gigitan.

  1. Fried Black Sesame

Jenis mochi yang satu ini mengusung tema penyajian mochi yang berbeda. Fried black sesame adalah varian mochi yang digoreng dengan isian ice cream di dalamnya.

Nah, itulah beberapa daftar inovasi mochi yang saat ini menjadi salah satu trend makanan kekinian. Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa makanan tradisional juga dapat menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman.