Nasi Goreng – Makanan Khas Indonesia

Nasi Goreng – Makanan Khas Indonesia

Nasi goreng adalah sebuah masakan atau makanan Indonesia berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada, dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk. Teknik memasak makanan ini dengan cara ditumis. Ada pula nasi goreng jenis lain yang dibuat bersama ikan asin yang juga populer di seluruh Indonesia. Biasanya menu nasi goreng ada yang istimewa yaitu dengan tambahan sosis, ayam, ati ampela dan mentimun.

Makanan ini berasal dari Indonesia, dari daerah di seluruh Indonesia dan juga populer di Belanda. Makanan ini bejenis hidangan utama dan disajikan dalam kondisi panas. Bahan utamanya berupa nasi goreng ditambah daging, sayur dan rempah, biasanya juga ditambah saus kecap. Masakan ini memiliki variasi yang beragam. Nasi goreng juga dikenal sebagai masakan nasional Indonesia. Dari sekian banyak hidangan dalam khazanah masakan Indonesia, hanya sedikit yang dapat dianggap sebagai makanan nasional sejati. Masakan nasional Indonesia ini tidak mengenal batasan kelas nasional. Nasi goreng dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta.

Pada tahun 2011, sebuah polling internet yang diadakan oleh CNN International dan diikuti oleh 35.000 orang menempatkan nasi goreng pada peringkat dua dalam daftar 50 makanan terlezat di dunia setelah rendang. Namun, ternyata sarapan dengan nasi goreng itu bisa bikin ngantuk. Banyak orang memilih sarapan yang simpel, seperti makan nasi goreng. Meskipun nasi goreng bisa membuat perut kenyang, setelahnya kita akan cenderung lebih mudah mengantuk sehingga akhirnya kesulitan untuk melakukan aktivitas.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa pemilihan makanan saat sarapan pagi memiliki dampak besar bagi kebugaran dan daya tahan tubuh seharian. Idealnya, kita mengonsumsi 15 hingga 20 persen total asupan kalori harian. Jika kita mengonsumsi makanan dengan kadar kalori yang terlalu tinggi seperti nasi goreng, bukannya mendapatkan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh, tubuh justru akan berusaha lebih keras untuk mencernanya. Hal ini akan membuat energi terkuras di saluran pencernaan dan akhirnya membuat kita lebih mudah lelah dan mengantuk sebelum jam makan siang tiba. Jika kita mengonsumsi nasi yang kaya akan karbohidrat, pankreas akan segera memproduksi insulin untuk membantu proses metabolismenya.

Hal ini akan membuat asam amino bernama L-Tryptophan memasuki sel-sel otot. Sayangnya, kondisi ini membuat otot menjadi semakin rileks dan akhirnya membuat kita mengantuk. Selain itu, suplai darah yang jauh lebih besar ke saluran pencernaan yang sedang bekerja keras membuat suplai darah ke otak menurun drastis. Otak yang membutuhkan nutrisi demi bisa beraktivitas akhirnya mengirimkan sinyal mengantuk akibat kondisi ini.

Nasi goreng tidak cocok untuk sarapan dari pakar kesehatan tetapi nasi goreng ini merupakan makanan terenak di dunia yang mendapat peringkat 2 di dunia setalah rendang yang dilansir dari CNN pada 14 Juli 2017. Karena nasi goreng di Indonesia beda jauh dengan negara lain karena menggunakan banyak bahan rempah – rempah yang membuat enak dan lezat. Di Indonesia nasi goreng dapat dibuat sendiri ataupun beli di penjual keliling maupun warung (PKL) dengan harga dari Rp 10.000,-.