Nasi Timbel

Nasi Timbel

Nasi timbel merupakan panganan tradisional yang iconic dari tanah Sunda. Siapa yang tidak terperangkap oleh kelezatannya. Cita rasanya yang nikmat dan gurih ditambah dengan ayam, tempe, lalapan, dan sambal membuat nasi timbel terkenal di daerah Jawa Barat. Namun, saat ini nasi timbel tidak hanya dapat dinikmati di Jawa Barat. Disetiap daerah nusantara terdapat penjual nasi timbel karena makanan khas ini telah memiliki banyak penggemar.

Makanan tradisional yang populer tersebut biasanya terbuat dari adonan beras bagolo atau beras merah campur. Kekhasan dari nasi timbel terletak pada cara penyajiannya yang tradisional yaitu dengan dimasak dalam bungkusan daun pisang. Untuk mencicipi cita rasa makanan ini anda tidak perlu merogoh kocek mahal, harga yang dipatok seporsi nasi timbel kisaran Rp. 15.000,- sampai dengan Rp. 25.000,-.

Asal Mula Nasi Timbel

Beberapa versi menyebutkan asal usul nasi timbel tersebut. Menurut sebagian masyarakat Jawa Barat nasi ini dahulu adalah bekal yang dibawa para petani untung berladang ke sawah. Sedangkan, sebagian lainnya menyebutkan bahwa nasi timbel tersebut merupakan panganan yang disantap para pejuang penjajahan. Konon para pahlawan sebelum berperang membawa nasi timbel sebagai bekalnya.  

Manfaat Nasi Timbel Bagi Kesehatan Manusia

Bagi anda yang telah menyantap nasi timbel maka akan merasakan manfaat kesehatan diantaranya menaambah energi dan stamina. Melancarkan peredaran darah dan menutrisi tubuh sehingga lebih sehat. Selain itu, nasi timbel dapat mengatasi gangguan gizi, melancarkan pencernaa, dan rendah lemak.

Adonan Nasi Timbel

Untuk membuat nasi timbel yang lezat bahan utama yang dibutuhkan adalah beras, daging ayam, tahu kuning, tempe, dan daun pisang untuk membungkus nasi tersebut. Nasi tersebut direbus dan dikukus kemudian dimasukkan dalam daun pisang yang telah dijadikan wadah. Nasi timbel biasanya dilumuri dengan ayam, serta potongan tahu dan tempe. Tidak lupa siapkan sambal ulek sebagai pelengkap santapan nasi timbel.

Pembeli Nasi Timbel

Pembeli makanan khas Jawa Barat ini juga beragam, mulai dari anak sekolahan, ibu rumah tangga, mahasiswa, hingga orang lanjut usia. Nasi timbel juga dapat ditemukan dengan mudah di kantin sekolah, warung makan, hingga restaurant. Wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Provinsi Jawa Barat tidak ketinggalan untuk mencicipi kelezatan nasi timbel tersebut.

Rekomendasi Nasi Timbel

Bagi anda yang berkunjung ke tanah Sunda, wajib mencicipi hidangan nasi timbel di tempat rekomendasi berikut ini :

  1. Rumah Makan Timbel Bu Yanti yang terletak di Jln. Baros, Cimahi, Jawa Barat
  2. Nasi Timbel Dago yang terletak di Jln. Ir.H.Juanda No.117, Lb.Siliwangi, Coblong, Kota Bandung
  3. Nasi Timbel Bawean yang terletak di Jln. Bawean Paviliun 3, Bandung Merdeka, Sumur Bandung
  4. Nasi Timbel Kemuning yang terletak di Jln. Arcamanik Endah No.85, Sukamiskin, Kota Bandung
  5. Nasi Timbel Istiqomah yang terletak di Jln. Lombok Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung