Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung

Peyeum merupakan jajanan tradisional khas Jawa Barat yang terkenal dikalangan masyarakat. Cemilan tradisional ini merupakan hasil olahan fermentasi dari singkong. Peuyeum tersebut ternyata memiliki banyak khasiat tidak hanya bagi kesehatan namun juga kecantikan kulit. Di bumi pasundan, kalian dapat menemukan peuyeum yang dijual dengan cara unik. Para penjual peuyeum biasanya menggantungkan pada langit-langit depan warung yang terletak dipinggir jalan.

Jajanan tradisional ini mudah ditemukan diwarung yang berada di Kota Bandung. Namun, sayangnya penjual peuyem kaki lima yang berkeliling saat ini sulit ditemukan. Jajanan ini memiliki harga relatif murah, oleh sebab itu sering dilirik oleh warga sekitar dan wisatawan yang berkunjung.

Asal Mula Peuyeum

Kota Bandung terkenal sebagai wilayah yang memiliki cuaca dingin sebab dikelilingi wilayah pegunungan. Berdasarkan cerita penduduk Bandung dahulu memanfaatkan singkong yang tumbuh di kawasan pegunungan untuk diolah menjadi peuyeum.

Peuyeum sendiri berasal dari bahasa Sunda, penduduk sekitar biasanya menyebut peyeum sampeau. Nenek moyang penduduk Bandung percaya bahwa khasiat peuyeum salah satunya untuk menghangatkan badan. Hasil fermentasi dari peuyeum inilah yang berkhasiat untuk menghangatkan badan.

Kandungan Gizi Dalam Peyeum

Dengan menyantap 100gr Peyeum, kamu mendapatkan nutrisi sebagai berikut:

Energi              : 173 kkal

Protein             : 0,5 gr

Lemak             : 0,1 gr

Karbohidrat     : 42,5 gr

Kalsium           : 30 mg

Fosfor              : 30 mg

Vitamin B12   : 0,07 mg

Selain itu, manfaat kesehatan yang didapat setelah mengkonsumsi peuyeum diantaranya dapat mencegah anemia. Sebab mikroorganisme dalam jajanan ini dapat mendorong produksi Vitamin B12 yang dapat mengoptimalkan produksi sel darah merah. Peuyeum juga dapat mengatasi darah tinggi karena mengandung kalsium dan dapat menjadi sumber probiotik.

Dengan mengkonsumsi peuyeum juga berkhasiat bagi kecantikan. Peuyeum dapat bermanfaat sebagai obat jerawat . Zat yang terkandung dalam hasil fermentasi tersebut dapat menangkal racun dan menetralisir pori-pori kulit. Bagi para wanita yang diet dapat memakan jajanan tradisional ini. Jajanan ini rendah lemak dan mengandung karbohidrat yang tinggi.

Adonan Peyeum

Bahan utama yang digunakan untuk membuat peuyeum adalah singkong dan ragi. Singkong tersebut dikupas dan dipotong hanya pada bagian atasnya. Kemudian dimasak hingga mendidih, setelah itu ditiriskan dan tunggu hingga rebusan singkong tersebut dingin. Setelah dingin, ragi kemudian dilumurkan pada seluruh permukaan ubi dan ditutup dengan daun talas. Untuk proses fermentasi diperam selama 2 sampai 9 hari.

Rekomendasi Penjual Peyeum

Bagi anda yang sedang berkunjung ke Bumi Pasundan ini, jangan sampai ketinggalan untuk membeli peuyeum di tempat rekomendasi berikut ini :

  1. Sentra Peuyeum Ketan Hideung yang terletak di Jln. Cinangka No.24, Pasirwangi, Ujung Berung, Kota Bandung
  2. Peuyeum Bandung yang terletak di Jln. Dr. Djunjunan No.135G, Pajajaran, Kota Bandung
  3. Peuyeum Si Madu yang terletak di daerah Cihampelas