Pusing Memilih Oleh-oleh Bandung yang Tahan Lama? Yuk Beralih ke Kerupuk Khas Bandung Berikut ini.

Pusing Memilih Oleh-oleh Bandung yang Tahan Lama? Yuk Beralih ke Kerupuk Khas Bandung Berikut ini.

Ketika bepergian untuk keperluan pekerjaan atau sekedar untuk menghabiskan liburan di Bandung, hal yang paling sering menjadi pikiran adalah bagaimana caranya membawa oleh-oleh makanan khas daerah tersebut. Jujur saja, ditagih soal oleh-oleh adalah hal yang seketika membuat liburan seakan dibatasi karena mengharuskan Anda untuk meluangkan waktu membeli oleh-oleh. Lebih lagi, Anda harus memikirkan oleh-oleh yang tepat yang mampu bertahan lama dalam kurun waktu yang tidak terbatas.

Sebenarnya hal tersebut tidak perlu dijadikan beban karena segala sesuatu yang berkaitan dengan kota Bandung akan selalu menarik. Apalagi saat ini sudah tersedia bentuk oleh-oleh kerupuk khas Bandung yang disulap dari makanan aslinya seperti berikut ini.

  1. Kerupuk Batagor

Batagor merupakan makanan khas Bandung yang dapat dijumpai di seluruh wilayah Indonesia. Saking terkenalnya, batagor dijadikan sebagai kerupuk agar mampu bertahan lama dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

  1. Siomay Kering

Layaknya kerupuk Batagor, siomay kering adalah makanan khas Bandung yang juga dijadikan sebagai kerupuk. Rasa yang ditwarkan juga tidak jauh berbeda dengan sajian aslinya.

  1. Basreng

Bakso goreng merupakan jajanan murah pinggir jalan khas Bandung yang saat ini sudah tersedia dalam varian kering yang lebih fleksibel. Bagi Anda yang sedang kehabisan ide untuk memberikan oleh-oleh khas Bandung, basreng adalah pilihan yang tepat dan terkenal low budget dengan rasa yang patut diacungi jempol.

  1. Rangginang

Kerupuk rengginang merupakan salah satu kerupuk khas Bandung yang terbuat dari beras ketan. Proses pembuatannya juga terbilang sederhana, naamun tetap memberikan rasa gurih dan enak.

  1. Gurilem

Gurilem merupakan salah satu jenis makanan khas Bandung atau Sunda dengan akronim gurih dan preulem yaitu lembut. Jika pada umumnya kerupuk memiliki tampilan yang tipis, berbeda halnya dengan gurilem yang memiliki ukuran panjang dan berongga. Cemilan khas Bandung yang satu ini merupakan cemilan ringan yang berukuran panjang, berwarna putih, dan memiliki perpaduan sensasi pedas dan aroma jeruk. Gurilem tersebut terbuat dari tepung tapioka dan bahan lainnya.

  1. Keripik Tempe

Bosen sama oleh-oleh bersensasi pedas pedas? Yuk cobain keripik tempe khas Bandung. Keripik tempe yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh dengan varian rasa yang bermacam-macam.

  1. Keripik Oncom

Bandung memang terkenal dengan oncom-nya yang sedap. Saking sedapnya, oncom disulap menjadi keripik agar dapat bertahan lama dengan rasa yang lebih gurih.

Nah, itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh tahan lama khas Bandung. Meskipun hanya berbentuk kerupuk, uniknya oleh-oleh tersebut diadaptasi dari makanan aslinya. Lebih lagi, oleh-oleh tersebut hanya dapat ditemui di kota Bandung. Bagaimana? Masihkah Anda merasa pusing memikirkan oleh-oleh khas Bandung yang akan dibawa pulang?