Recommended! Jajanan Khas Bandung Berbahan Dasar Singkong

Recommended! Jajanan Khas Bandung Berbahan Dasar Singkong

Salah satu ciri khas kota Bandung adalah ketersediaan makanan berbahan dasar singkong. Hal tersebut memang didasari oleh banyaknya pasokan singkong di kota ini. Tak heran mengapa kota Bandung selalu menyajikan beragam sajian jajanan singkong, mulai dari jajanan tradisional hingga jajanan tradisional yang dimodifikasi menjadi makanan kekinian. Lalu, apa saja jajanan khas Bandung yang terbuat dari olahan singkong tersebut? Berikut adalah ulasannya!

  1. Colenak

Sallah satu jajanan khas Bandung yang terbuat dari olahan singkong adalah colenak. Nama colenak   berasal dari sebuah akronim yaitu dicocol tambah enak. Colenak sendiri terbuat dari peuyeum atau singkong khas Bandung yang dibakar lalu disajikan dengan cairan gula aren sebagai sausnya.

  1. Comro

Comro atau oncom dijero adalah jenis makanan khas Bbandung selanjutnya yang berasal dari sebuah akronim. Dijero sendiri memiliki makna “didalam” dimana nama makanan ini mendeskripsikan bagaimana pembuatan comro itu sendiri.

  1. Cake Singkong

Untuk mendapatkan terobosan baru di dunia kuliner, para pelaku usaha kuliner memanfaatkan peuyeum sebagai bahan dasar pembuatan cake singkong. Bahan dan proses pembuatan cake singkong juga tergolong sama dengan pembuatan cake pada umumnya. Namun, perbedaannya terletak pada penggunaan singkong sebagai bahan dasar cake.

  1. Getuk

Makanan ini tergolong jenis makanan yang paling sering dijumpai di mana pun. Cara pembuatannya pun juga tergolong sederhana yaitu dengan mengolah singkong menjadi halus dan direbus lalu memberinya sedikit garam untuk mendapatkan rasa gurih.

  1. Kicimpring Aneka Rasa

Kicimpring merupakan jenis kerupuk singkong khas Bandung. Saat ini, kicimpring sudah banyak ditemukan dalam berbagai varian rasa yang disebabkan oleh inovasi kuliner. Beberapa diantaranya adalah kicimpring barbeque, keju, balado, jagung, dan lainnya.

  1. Klepon Singkong

Jika pada umumnya kue klepon terbuat dari tepung ketan, berbeda halnya dengan klepon singkong yang sudah jelas terbuat dari singkong. Cara pembuatan kue klepon singkong juga tidak jauh berbeda dengan kue klepon pada umumnya.

  1. Misro

Jika comro memiliki singkatan oncom dijero, sama halnya dengan misro. Namun, misro sendiri memiliki singkatan yaitu amis dijero. Dalam bahasa Indonesia, kata tersebut memiliki arti “manis di dalam”. Ya, tampilan misro seperti roti isi yang memiliki isian manis di dalamnya.

  1. Singkong Keju

Agar terlihat sedikit modern dan kekinian, tumbuhan khas Indonesia yang satu ini disandingkan bersama keju. Penyajian singkong keju juga terbilang sangat sederhana yaitu singkong yang telah digoreng, disajikan dengan parutan keju sebagai toppingnya.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong. Ternyata, pembuatannya juga tidak terlalu sulit dan sangat mudah diprakktikkan sendiri. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?