Rengginang

Rengginang

Rengginang adalah makanan tradisional yang masih eksis sampai saat ini bahkan populer didalam masyarakat. Cemilan khas dari Sunda ini merupakan kerupuk tebal dibuat dari nasi atau beras ketan yang telah dikeringkan. Saat ini penjual rengginang dapat ditemukan tidak hanya di wilayah Jawa Barat, tetapi juga dihampir seluruh wilayah nusantara. Bahkan, cemilan satu ini telah merambat ke kancah internasional.

Memiliki citarasa yang nikmat, asin, didukung tekstur yang renyah dan gurih membuat panganan santai ini menjadi salah satu primadona. Cemilan satu ini berbeda dengan kerupuk yang berbahan dasar tepung tapioka, namun rengginang berbahan dasar butiran nasi yang dikeringkan sehingga bentuk nasi masih terlihat. Untuk dapat menikmati ceminal ini tidak perlu takut kantong jebol, karena dipatok dengan harga yang relatif terjangkau.

Asal Mula Rengginang

Dahulu rengginang ini disebut dengan ‘raginang’ dalam bahasa sunda, seiring berjalannya waktu nama tersebut bergeser hingga seperti sekarang ini. Sejarah cemilan ini berasal dari tanah Sunda dimana ada suatu peristiwa dari orang tua yang berminat membuat tape ketan, namun beras ketannya sudah terkukus. Agar tidak sia-sia maka beras ketan yang telah dikukus tersebut dicetak pipih dan dijemur. Ternyata setelah digoreng, banyak penduduk yang menyukai cemilan tersebut. Itulah awal mula lahirnya makanan rengginang.

KandunganGizi Dalam Rengginang

Dengan mengkonsumsi sekeping rengginang,kandungan gizi yang diperoleh sebagai berikut:

Kalori              : 12 kkal

Lemak             : 0,17 gr

Karbohidrat     : 2,23 gr

Protein             : 0,2 gr

Disamping itu, manfaat kesehatan yang kamu rasakan setelah menyantap regginang diantaranya menjaga metabolisme, menangkal radikal bebas, mengembalikan stamina tubuh, dan menurunkan resiko penyakit jantung.

Adonan Rengginang

Untuk membuat rengginang yang nikmat bahan utama yang dibutuhkan adalah beras ketan. Bahan pelengkap lainnya seperti garam, gula pasir, bawang putih dan terasi bakar yang telah dihaluskan. Proses pembuatannya cukup mudah, dimulai dari mengkukus beras merah selama 15 menit lalu tiriskan. Sembari menghaluskan bumbu-bumbu kemudian direbus.

Ketika proses perebusan tersebut mencapai titik mendidih lalu tambahkan beras ketan dan aduk hingga meresap. Setelah itu, kukus ketan yang telah dibumbui hingga matang selama 30 menit. Kemudian angkat adonan dan cetak sesuai selera dan jemur dibawah terik matahari hingga kering. Selanjutnya rengginang siap untuk digoreng dan disajikan.

Pembeli Rengginang

Pembeli rengginang berasal dari berbagai kalangan mulai dari anak sekolah, remaja, pekerja, hingga orangtua lanjut usia menyukainya. Untuk mendapatkan rengginang tidak sulit karena penjualnya dapat ditemukan di kantin sekolah, pasar tradisional, warung hingga mall. Untuk sebungkus rengginang sendiri diberi harga sekitar Rp.15.000 sampai Rp.50.000 per bungkus sesuai dengan berat dan kualitasnya.

Rekomendasi Penjual Rengginang

Bagi kamu yang berkunjung ke daerah Jawa Barat, jangan lupa untuk mampir dan membeli oleh-oleh rengginang diberbagai tempat rekomendasi berikut ini:

  1. Sentra Rengginang yang terletak di Jln. Siliwangi, Cijiho, Jawa Barat
  2. Sentra Rengginang yang terletak di daerah Kampung Anyar, Bogor, Jawa Barat