Surabi Bandung

Surabi Bandung

Siapa yang tidak mengenal jajanan khas kota kembang yang satu ini. Surabi merupakan kue tradisional yang  berasal dari Kota Bandung, Jawa Barat. Jajanan ini sudah mendunia,tidak hanya dapat kamu temukan penjualnya di wilayah Bandung. Bahkan di setiap provinsi kamu dapat menemukan penjual surabi.

Surabi terkenal dengan cita rasanya yang legit dan gurih. Kue khas yang satu ini terbuat dari tepung beras dan santan. Banyak orang yang baru pertama menikmati surabi mengatakan kue ini mirip pancake. Namun, surabi memiliki keistimewaan dalam proses pembuatannya yakni dipanggang. Surabi Bandung dimasak dalam wajan tanah liat diatas tungku berisi arang.

Asal Mula Surabi Bandung

Secara etimologi, Surabi berasal dari bahasa Sunda yang artinya besar. Menurut cerita dari masyarakat sekitar, kue tradisional yang satu ini sudah ada sejak tahun 1923. Pada awal mula terkenalnya Surabi di kota ini, masyarakat banyak menikmatinya sebagai cemilan sore hari. Dahulu, jajanan ini hanya tersedia dalam 2 rasa yakni rasa manis karena dilumuri saus gula merah dan rasa asin karena ditaburi oncom pedas.

Kandungan Gizi Dalam Surabi Bandung

Bagi kamu yang mencicipi Surabi Bandung sebanyak 100 gr. Nutrisi yang kamu peroleh adalah sebagai berikut:

Energi              : 245 kkal

Protein             : 6 gr

Lemak             : 5 gr

Karbohidrat     : 43,9 gr

Kalsium           : 22 mg

Fosfor              : 20 mg

Zat Besi           : 2,6 mg

Adonan Surabi Bandung

Bahan utama yang diperlukan untuk membuat surabi adalah tepung beras dan santan. Kemudian campuran adonan tersebut dituangkan pada wajan yang berada di atas tungku tradisiona. Setelah surabi matang akan disiram dengan saus gula merah atau saus modifikasi lainnya. Saat ini surabi telah diinovasikan masyarakat dalam berbagai rasa. Ada surabi yang ditambahkan toping lelehan coklat, keju, mesis, oreo, dan berbagai macam toping lain. Sehingga makanan surabi ini sudah terkenak diseluruh penjuru nusantara.

Pembeli Surabi Bandung

Sejak dulu penggemar kue surabi Bandung berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, mahasiswa, orang dewasa, hingga orang lanjut usia menikmati kue tradisional ini. Penjualnya surabi juga ada dimana-mana, mulai dari pedagang kaki lima hingga restaurant.

Ternyata kue khas kota kembang ini tidak hanya terkenal di Indonesia. Sampai di luar negeri kalian juga bisa menemukannya. Seperti yang diketahui ada penjual surabi di Berlin, Jerman. Namun, jika kalian membelinya saat berkunjung ke negara tersebut akan merogoh kocek lebih mahal. Thomas Hartwig, sang pemilik warung surabi mematok harga 3 sampai 4 euro untuk sebuah surabi.

Rekomendasi Surabi Bandung

Bagi kamu yang berkunjung ke Kota Bandung wajib mencicipi surabi di tempat rekomendasi berikut ini :

  1. Surabi Sukur yang terletak di Jln. Cikutra No. 211, Neglasari, Bandung
  2. Surabi Radja yang terletak di Jln. Margahayu Raya Bar. No.16, Buahbatu, Bandung
  3. Surabi Cipahit yang terletak di Jln. Cipahit No. 36, Bandung
  4. Tenda Surabi Durian yang terletak di Jln. Pasteur, Sukajadi, Bandung
  5. Surabi Ina yang terletak di Jln. Burangrang No.42, Bandung