Tahu Gimbal Khas Semarang Bercitarasa Pedas Manis

Tahu Gimbal Khas Semarang Bercitarasa Pedas Manis

Tahu gimbal adalah makanan khas Kota Semarang yang wajib dicoba bila berkunjung ke ibu kota Jawa Tengah ini. Makanan ini terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan gimbal dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas karena menggunakan petis udang. Berbeda dengan saus kacang utuk pecel madiun yang agak kental. Saus bumbu kacang untuk tahu gimbal agak sedikit encer. Makanan ini berasal dari Indonesia dari daerah Semarang Jawa Tengah.

Semarang sebagai salah satu kota pariwisata di Pulau Jawa mempunyai banyak potensi wisata yang bisa mendatangkan wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Salah satu hal yang menjadi daya tarik Semarang adalah wisata kulinernya. Terdapat banyak sajian kuliner khas Semarang yang wajib dicoba bila berkunjung ke sana, salah satunya adalah tahu gimbal. Tahu gimbal merupakan sebuah makanan dengan tahu goreng dan bakwan udang sebagai bahan pokoknya.

Banyak orang yang belum tahu nama gimbal itu diambil dari mana. Sebenarnya gimbal adalah sebutan untuk udang bagi orang Semarang. Jadi gimbal bukan dari kata rambut gimbal tetapi udang. Udang atau gimbal ini dicampur dengan adonan bakwan sehingga menjadi bakwan udang. Kemudian tahu goreng dan bakwan tersebut dipotong-potong menjadi kecil. Bumbu yang digunakan untuk membuat tahu gimbal relatif mudah dicari, seperti daun sereh, rempah - rempah, kencur, jeruk, daun salam, pandan, dan bawang putih. Sajian tersebut kemudian ditambah dengan irisan kembang kol, lontong, telur, kubis, dan disiram dengan saus kacang. Jadilah seporsi tahu gimbal yang lezat. Yang istimewanya lagi, bisa memesan tahu gimbal dengan tingkat kepedasan yang dimau atau sesuai dengan selera.

Penjual tahu gimbal ada yang berkeliling dengan gerobak ke rumah – rumah dengan harga Rp 13.000,- yang tidak kalah juga dengan makanan di restoran ataupun negara lain. Dari penjual yang berkeliling kita tidak usah keluar rumah atau pergi untuk mencari atau membeli tahu gimbal tetapi tinggal duduk manis menunggu penjual datang. Serta tingkat kepedasan juga ada dari yang tidak pedas, sedang maupun sangat pedas.

Dan ada juga penjual tahu gimbal yang mangkal seperti di Semarang di Jalan Menteri Supeno atau dekat Taman Indonesia Kaya Kota Semarang dengan harga Rp 15.000,00an. Di tempat ini banyak yang berjualan tahu gimbal serta minuman yang segar seperti es dawet duren, soda gembira, dll. Dan buka dari pukul 11.00 – 22.00 WIB. Harganya pun cukup terjangkau, dengan harga yang cukup terjangkau di semua kalangan per porsinya, sudah cukup untuk memanjakan lidah dan perut. Tahu gimbal ini mengandung banyak protein dari telur dan udang serta sayuran dan banyak rempah - rempah yang cocok untuk anak – anak atau remaja untuk pertumbuhan tubuh. Jangan sampai tidak mencicipi makanan khas Semarang ini saat datang di Semarang.