Telur Gulung Jajanan Tradisional Banyak Vitamin

Telur Gulung Jajanan Tradisional Banyak Vitamin

Telur mengandung banyak zat gizinya yang dalam satu telur mengandung protein, kalsium, berbagai vitamin dan asam  amino esensial yang bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan pada jaringan tubuh. Pada kuning telur mengandung vitamin A, D, dan E serta kalori dan kolin yang dibutuhkan bagi kesehatan dan pertumbuhan pada jaringan tubuh.

Telur gulung merupakan makanan terfavorit dan lezat bagi para siswa - siswi jaman dulu terutama siswa - siswi SD. Pedagang biasanya datang pada pagi hari sampai pulang sekolah dan harga tiap tusuk sekitar Rp 500,00 dan harga itu dapat dijangkau untuk kalangan SD hingga dewasa.

Untuk pembuatan telur gulung ini menggunakan telur ayam yang dikocok dengan bumbu penyedap seperti garam jika yang menginginkan pedas dapat ditambahkan merica hingga berbuih kemudian di tuangkan sekitar 2 sampai 3 sendok dalam minyak goreng yang sudah mendidih dan langsung di gulung menggunakan tusukan lidi atau bamboo agar mudah digulung. Serta minyak juga jangan terlalu panas karena akan membuat telur cepat matang dan dapat menghambat atau mempersulit saat penggulungan dengan lidi atau bamboo. Setelah matang atau digulung kemudian ditiriskan lalu disajikan menggunakan sauce sambal.

Rasa telur gulung bertekstur lembut, gurih dan beraroma sedap yang membuat pelanggan dari berbagai kalangan menyukainya. Serta telur gulung ini baik untuk kesehatan bagi jaringan tubuh terutama pertumbuhan anak kecil karena mengandung banyak protein. Sedangkan untuk kalangan remaja ke atas biasanya selain rasanya tetapi juga tingkat kepedasan seperti diberi bumbu merica, bubuk cabe, dan saus pedas menjadi sensasi pedas yang di cari para pemuda pada jaman sekarang.

Pada jaman sekarang telur gulung sudah mengalami perkembangan atau dimodifikasi seperti penambahan mi, bakso, dan sosis. Pada jaman saya sekolah telur gulung masih telur gulung biasa atau cuma menggunakan telur serta harganya satu tusuk seharga Rp 200,00 atau Rp 1.000,00 dapat lima tusuk dan sekarang sudah beranekaragam tetapi rasanya masih tetap lembut, gurih dan sedap hingga bernostalgia kembali pada saat SD. Dan telur gulung ini sekarang ini diburu bukan cuma anak kecil atau anak sekolah tetapi orang tua juga karena ingin kembali mencoba jajanan pada jaman SD dulu hingga bernostalgia kembali.

Selain penjual telur gulung yang berkeliling atau yang berjualan di sekolah – sekolahan juga ada di mall juga yang di jual dengan harga yang lebih jauh mahal dan porsi yang besar rasanya tetap lezat dan proses pembuatannya dan penyajian sama seperti penjual yang ada di sekolah. Tetapi berbeda dengan beli atau makan dari penjual di sekolah – sekolah karena sensasi beda kalau beli dan makan di mall seperti ada yang kurang.