Ubi Cilembu

Ubi Cilembu

Nama ubi cilembu tidak hanya terkenal di Kota Bandung saja, tetapi juga diseluruh wilayah Indonesia. Selain itu, jajanan khas yang kaya akan gizi ini dapat ditemukan dimana saja terutama di pusat perbelanjaan dan pasar tradisional. Ubi cilembu yang dijual tersebut biasanya dikirim dari sebuah desa di Kota Bandung yaitu Desa Cilembu.

Sementara itu, ubi yang manis dan gurih ini tidak hanya digemari masyarakat Indonesia tetapi juga mancanegra. Saat ini, ubi cilembu telah diekspor ke berbagai belahan dunia. Harganya yang relatif murah yakni antara Rp.11.000,- sampai Rp.17.000,- per kilogram ubi cilembu mentah dan Rp. 2.500 per buah ubi cilembu yang telah dipanggang.

Asal Mula Ubi Cilembu

Berdasarkan informasi dari masyarakat Sumedang, ternyata ubi cilembu populer di Indonesia sejak tahun 1900-an.  Namun, oleh para petani diperkenalkan sekitar tahun 1980-an. Ubi cilembu dulu ditanam di Desa Cilembu, jika varitas ini ditanam diluar desa tersebut maka rasanya akan berbeda. Hal ini disebabkan karena tanah di desa tersebut mengandung unsur hara yang komposisinya pas untuk menanam ubi tersebut. Oleh sebab itu, dari dulu hingga saat ini Desa Cilembu banyak memiliki lahan pertanian ubi.

Kandungan Gizi Dalam Ubi Cilembu

Dengan menyantap 100 gr ubi cilembu, kamu memperoleh gizi sebagai berikut:

Vitamin A       : 0,001-0,69 mg

Vitamin B1     : 0,08 mg

Vitamin B2     : 0,05 mg

Vitamin C       : 20 mg

Kalsium           : 46 mg

Selain itu manfaat ubi cilembu setelah dikonsumsi bagi kesehatan adalah sebagai sumber energi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menghangatkan tubuh. Khasiat lain dari ubi ini adalah dapat mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan mata , memperlancar peredaran darah, dan baik untuk penderita diabetes. Bagi bidang kecantikan, ubi cilembu dapat menyehatkan dan menghaluskan kulit dengan mengkonsumsinya.

Pembeli Ubi Cilembu

Ubi cilembu ini sangat terkenal dikalangan anak sekolah, namun mahasiswa, pekerja kantor, ibu rumah tangga, hingga orang tua juga sangat menggemari cemilan satu ini. Penjual ubi cilembu dapat ditemukan di pasar tradisional, warung, hingga pusat perbelanjaan modern. Biasanya warung yang menjual ubi cilembu menyediakan tempat pemanggangan. Sehingga para pelanggan dapat memilih untuk membeli ubi cilembu yang telah matang atau belum dipanggang.

Rekomendasi Penjual Ubi Cilembu

Bagi kamu yang berkunjung ke daerah Bandung, jangan lupa untuk mampir ke tempat penjual ubi cilembu paling recomended berikut ini :

  1. Bolen Sumedang yang berlokasi di Jln. Raya Jatinagor No.38, Sumedang
  2. Warung Salapan yang berlokasi di Jln. Cigadung Raya Tengah No.22, Cibeunying, Bandung
  3. Ubi Bakar Madu Cilembu yang berlokasi di Jln. Sukaraja No.222, Cicendo, Bandung
  4. Ubi Bakar Cilembu Legit yang berlokasi di Jln. Dewi Sartika No.35, Bandung
  5. Snack dan Oleh-oleh Bandung yang berlokasi di Jln. Dr. Djunjunan No.57, Bandung
  6. Warung Ubi Bakar Cilembu yang berlokasi di Jln. Babakan Sari No.49, Bandung