Yuk Cobain Aneka Olahan Peuyeum Kekinian

Yuk Cobain Aneka Olahan Peuyeum Kekinian

Peuyeum atau tapai khas Bandung merupakan jenis makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang difermentasi dengan bantuan Saccharomyces cerevisiae. Proses pembuatan peuyeum tersebut terbilang sangat sederhana layaknya seperti pembuatan tapai pada umumnya. Terkadang, peuyeum original kurang diminati oleh masyarakat saat ini dikarenakan masyarakat saat ini cenderung menyukai hal baru. Sehingga, para penggiat usaha kuliner mencoba untuk  membuat berbagai olahan makanan berbahan dasar peuyeum. Seperti apa olahan makanan yang terbuat dari peuyeum tersebut? Berikut adalah ulasan mengenai aneka olahan peuyeum kekinian yang patut dicicipi.

  1. Bolu Peuyeum

Pada umumnya, bolu terbuat dari adonan tepung terigu, telur, mentega, vanilla essence, dan lainnya. Namun, berbeda halnya dengan bolu peuyeum yang menambahkan peuyeum sebagai bahan dasar bolu. Jangan khawatir akan rasa bolu nantinya karena bolu peuyeum suda diklaim sebagai bolu kekinian yang lezat dan memberikan sedikit sentuhan yang berbeda. Adapun bahan tambahan bolu peuyeum lainnya adalah mentega yang dilelehkan, peuyeum yang sudah dihaluskan, susu bubuk, tepung maizena, tepung terigu protein sedang, telur, gula pasir, dan emulsifier.

  1. Muffin Peuyeum

Muffin adalah kue sebentuk bolu kukus, namun cara pembuatannya dilakukan dengan memanggangnya dalam oven. Olahan peuyeum yang satu ini akan memberikan kesan tasty dengan tambahan bahan seperti peuyeum yang sudah dihaluskan, telur, susu cair, gula pasir, BP, soda kue, dan aneka topping.

  1. Peuyeum Katsu

Bukan hanya daging ataupun ayam, peuyeum juga dapat dijadikan dalam bentuk katsu yang gurih dan kremes. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan menggunakan resep ayam katsu yang diganti dengan bahan peuyeum.

  1. Peuyeum Doughnut

Untuk mendapatkan donat dengan rasa yang khas, Anda dapat menambahkan peuyeum pada resepnya. Agar donat tersebut tidak terkesan monoton, tambahkan topping aneka rasa seperti pisang ataupun cokelat. Beberapa bahan tambahan lainnya yang dapat mendukung pembuatan peuyeum donat diantaranya adalah tepung pisang goreng instant, peuyeum yang sudah dihaluskan, susu UHT cair, dan gula halus.

  1. Peuyeum Crishpy

Agar peuyeum tidak kalah saing dengan berbagai makanan kekinian, penggiat usaha kuliner mengusung peuyeum krispi sebagai salah satu menu peuyeum kekinian. Peuyeum krispi dibentuk seperti stik yang dibaluri dengan tepung krispi sehingga akan terlihat seperti stik krenyes kekinian.

  1. Peuyeum Schotel

Jika Belanda memiliki macaroni schotel sebagai salah satu makanan khasnya, lain halnya dengan Bandung yang memiliki peuyeum schotel sebagai menu peuyeum kekinian. Cara membuatnya juga tergolong gampangn yaitu dengan menyediakan bahan-bahan terlebih dahulu. Beberapa bahan peyeum schotel diantaranya adalah peuyeum yang sudah dihaluskan, mentega, tepung terigu, gula pasir, telur, dan susu cair.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai olahan peuyeum kekinian yang patut dicicipi. Manakah olahan peuyeum yang menjadi favorit Anda?