Yuk Kenalan Sama Lumpia Basah, Jajanan Khas yang Booming dari Dulu Hingga Kini

Yuk Kenalan Sama Lumpia Basah, Jajanan Khas yang Booming dari Dulu Hingga Kini

Lumpia merupakan kulit pembukus makanan yang terbuat dari tepung gandum yang dibuat tipis. Lumpia tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat Bandung sebagai sumber inspirasi makanan terbaru. Jika pada umumnya lumpia disajikan dengan cara digoreng, namun bagi masyarakat Bandung, lumpia basah adalah salah satu kuliner yang paling direkomendasikan bagi pengunjung atau pendatang baru di kota Bandung. Selain itu, lumpia basah khas Bandung juga menjadi jajanan murah yang kaya gizi. Sehingga, makanan ini dapat dijadikan sebagai menu diet sehat.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai lumpia basah khas Bandung, mari simak ulasan berikut yang mengulas lengkap seluruh asal-usul, kandungan, hingga manfaat lumpia basah khas Bandung.

  1. Sekilas Mengenai Lumpia Basah

Lumpia merupakan makanan khas kota semarang yang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Namun, letak perbedaan lumpia Bandung dengan lumpia Semarang ini dapat dilihat dari cara penyajiannya. Lumpia Bandung cenderung tersaji dalam keadaan basah dengan sensasi pedas berbagai level. Sedangkan lumpia semarang cenderung tersaji dalam keadaan kering dan terbungkus rapi. Adapun isian lumpia Semarang sering menggunakan bengkoang, rebung, dan udang ebi, serta bumbu rahasia yang manambah kelezatan lumpia Semarang tersebut.

  1. Bahan-bahan Untuk Pembuatan Lumpia

Perbedaan lumpia Bandung dan lumpia lainnya terletak pada bahan-bahan yang digunakan. Beberapa bahan pembuatan lumpia basah khas Bandung tersebut adalah kulit lumpia siap pakai, tauge, telur ayam, tepung maizena, dan aneka topping lainnya seperti kwetiau, sosis, jamur, dan lainnya.

  1. Bumbu Khusus yang Mampu Melezatkan Lumpia

Untuk mendapatkan kelezatan lumpia basah Bandung yang khas, terdapat berbagai macam bumbu khusus yaitu cabe rawit, cabe merah, daun bawang, bawang putih, gula merah, garam, dan penyedap rasa.

  1. Bukan Sekedar Enak, Lumpia Juga Memberi Manfaat Bagi Tubuh

Lumpia basah Bandung merupakan jenis makanan tradisional khas Bandung yang enak dan lezat. Selain mampu memberikan sensasi makan yang berbeda, lumpia basah mengandung berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat tersebut terkandung dari bahan-bahan pembuatan umpia basah.

Adapun kandungan yang terdapat dari bahan pembuatan lumpia basah adalah:

Vitamin A, B1, dan C yang terkandung dalam lumpia basah membantu menjaga kesehatan sel yang terdapat pada tubuh, menurunkan resiko penyakit dalam, menguatkan tulang, dan meningkatkan kinerja otak.

Energi yang terkandung dalam lumpia basah mampu membantu Anda yang sedang menerapkan program diet karena mengandung sejumlah kalori. Mengonsumsi lumpia basah memberikan energi yang bersumber dari telur, tepung, dan sayuran.

Kandungan lainnya yang terdapat dalam lumpia basah diantaranya adalah protein, kalsium, zat besi, dan fosfor. Beberapa kandungan tersebut mampu melindungi dan menguatkan saraf, mencegah peradangan, serta mencegah diabetes.

Nah, itulah beberapa ulasan menganai lumpia basah khas Bandung. Ternyata, di balik harganya yang murah, tersimpan beberapa kandungan yang luar biasa menyehatkan tubuh.